Pembukuan Usaha Kecil dan Rumahan

pembukuan usaha kecil dan rumahan

Memiliki sistem pembukuan yang baik merupakan hal penting bagi pelaku usaha kecil dan rumahan. Untungnya, kini tersedia banyak software akuntansi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha.

Seiring dengan berjalannya usaha, mau-tidak-mau pembukuan menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha kecil dan rumahan. Tapi sayang, pembukuan usaha kecil sering kurang mendapat perhatian karena kurangnya pemahaman tentang sistem akuntansi. Padahal, pembukuan merupakan sumber informasi utama dalam menilai kinerja dan kesehatan sebuah usaha.

Beruntung kini banyak software akuntansi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik usaha kecil dan rumahan. Dengan begitu, para pengusaha kecil bisa menerapkan sebuah sistem pembukuan yang baku sehingga tumbuh kembangnya usaha bisa terkelola dengan lebih baik lagi.

Sekarang ini software akuntansi dapat dibagi dalam dua kategori: desktop dan online. Untuk menggunakan software akuntansi dekstop, kita harus terlebih dahulu menginstalnya ke dalam komputer. Sedangkan untuk akuntansi online, kita cukup menggunakan browser dan jaringan internet.

Mana yang jadi pilihan akan bergantung pada kebutuhan dan kesukaan. Tapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan versi dekstop karena kita punya kontrol penuh terhadap kerahasiaan data. Sedangkan untuk versi online, kita mau-tidak-mau harus percaya kepada penyedia jasa dalam memproteksi data keuangan usaha kita.

Berikut adalah software tiga akuntansi gratis yang bisa digunakan oleh para pemilik usaha kecil dan rumahan: (untuk pembukuan manual, silakan lihat Pembukuan Sederhana Usaha Kecil dan Rumahan)

1. Microsoft Money Plus Home and Business Sunset (Desktop)

Pembukuan usaha kecil dan rumahan

Sejak tahun 2009, Microsoft tidak lagi menjual produk Microsoft Money dan menghentikan layanan untuk produk ini sepenuhnya di tahun 2011. Selanjutnya Microsoft memberikan secara cuma-cuma produk Microsoft Money dengan label Microsoft Money Plus Sunset.

Yang membedakan Microsoft Money Plus Sunset dengan produk Microsoft Money versi sebelumnya adalah tidak diperlukannya lagi proses aktivasi. Selain itu, layanan online juga tidak lagi tersedia.

Untuk pengusaha kecil dan rumahan di Indonesia, digratiskannya produk ini tentunya sebuah berita bagus. Karena sesungguhnya kita hanya membutuhkan fitur akuntansinya saja. Pun, layanan online yang terdapat di software ini lebih di desain untuk pasar Amerika Serikat.

Microsoft Money Plus Sunset menggunakan Dollar sebagai mata uang dasar (base currency). Tapi ini dapat dirubah dengan mudah menjadi Rupiah. Anda tinggal menuju ke program setting dan merubah base currency (pastikan konversinya menggunakan perhitungan 1 Rupiah = 1 Dollar).

Anda bisa langsung mendownload Microsoft Money Plus Sunset, atau kalau tautannya tidak berjalan, Anda bisa pergi ke halaman download Microsoft dan mengetik “Microsoft Money Plus Sunset” lalu pilih Microsoft Money Plus Sunset Home and Business.

Sebagai catatan, dikarenakan ini adalah produk sunset, maka Microsoft bisa sewaktu-waktu menghapusnya server mereka. Dan apabila ini terjadi, maka Anda bisa mencarinya langsung di Google. Nama file asli yang saya dapatkan dari Microsoft untuk produk ini adalah USMoneyBizSunset.exe.

2. GnuCash (Desktop)

pembukuan usaha kecil dan rumahan

GnuCash adalah program akuntansi opensource yang menggunakan sistem double-entry accounting. Double-entry accounting merupakan praktek akunting yang lazim digunakan dalam dunia akuntansi di mana keseimbangan neraca menjadi tujuan utamanya.

Dari sisi penampilan, GnuCash mungkin tidak seindah program-program akuntasi lainnya. Selain itu, GnuCash juga tidak memiliki fitur keamanan seperti proteksi password. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan program kompresi (Winrar, 7Zip, dsb) dan memasang password di file keuangan GnuCash.

Yang saya suka dari GnuCash adalah kesederhanaannya dan fungsinya yang to-the-point. Pada tahap awal mungkin terasa sedikit membingungkan. Tapi dengan sedikit mengutak-utik, kita bisa dapat dengan cepat memahami cara kerjanya. Selain itu, GnuCash juga memiliki akun wizard dan template yang dapat mempermudah proses belajar kita.

Anda bisa mendownload GnuCash di situs GnuCash.org

3. Wave Accounting (Online)

pembukuan usaha kecil dan rumahan

Wave Accounting merupakan sistem pembukuan online yang di desain khusus untuk usaha kecil dan rumahan. Wave sendiri disediakan gratis sehingga cocok bagi Anda yang punya usaha ataupun yang ingin mencatat keuangan pribadi.

Keuntungan dari sistem pembukuan online adalah fleksibilitas. Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja selama jaringan Internet tersedia.

Proses pendaftaran Wave cukup sederhana. Anda tinggal mengisi alamat email dan password dan akun Anda sudah tersedia. Satu hal yang saya suka dari
Wave adalah penyetelan mata uang secara otomatis. Jika lokasi kita saat mendaftar ada di Indonesia, maka Wave secara otomatis akan mensetup mata uang dasar menjadi Rupiah.

Fitur menarik lain dari Wave adalah Guest Collaborator di mana Anda bisa mengundang orang lain untuk melihat atau mengedit data keuangan Anda. Mungkin ini terdengar aneh, tapi menurut saya ini bermanfaat saat kita akan menyusun pembukuan usaha. Dengan fitur ini kita mengundang orang yang mengerti akuntansi dan bisa dipercaya untuk membantu mensetup data keuangan kita.

Faktor Bahasa

Salah satu faktor yang mungkin menjadi kendala adalah soal bahasa. Di mana hampir semua sistem akuntansi gratis menggunakan bahasa Inggris. Meskipun begitu, kendala ini tetap bisa diatasi dengan bertanya dengan orang yang mengerti akuntansi ataupun dengan memahami dasar-dasar akuntansi sederhana.

Dari pengalaman pribadi, mempelajari istilah-istilah akuntansi juga akan sangat membantu dalam memahami software akuntansi yang akan kita gunakan. Karena bahasa akuntansi boleh dibilang relatif sama di mana pun kita berada.

Kesimpulan

Seiring dengan berjalannya usaha, mau-tidak-mau pembukuan menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik usaha kecil dan rumahan. Untungnya sekarang sudah banyak software akuntansi yang memudahkan pemilik usaha kecil untuk melakukan pembukuan.

Apapun pilihan sistem akuntansi Anda, pastikan itu memang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan usaha. Karena sistem akuntansi yang tidak sesuai dengan bisnis Anda, bila dipaksakan, justru bisa membuat masalah di kemudian hari.

Saya pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan sistem akuntansi dekstop karena faktor keamanan. Tapi apabila Anda memilih versi online, pastikan password Anda tersimpan dengan baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu memback-up data keuangan, mengekripsinya dan simpan di lokasi yang aman. Dengan begitu, data keuangan Anda akan selalu up-to-date dan terjaga keamanan dan kerahasiaannya.

Oh ya, kalau Anda mencari metode pembukuan yang lebih sederhana, silakan buka artikel Pembukuan Sederhana Usaha Kecil dan Rumahan






5 thoughts on “Pembukuan Usaha Kecil dan Rumahan

  1. Mang mlebet

    Bang itu softwrenya cara kerja sama kyk postingan agan yang “pembukuan sederhana manual untuk usaha kecil” gak??.. Klo lbih susah, bisa dikasih tutorialnya dunk hehe., :d v..

    Reply
    1. Aditya Fajar Post author

      Kalau yang ini sedikit lebih "ribet" dari yang postingan pembukuan sederhana, karena yang itu cara manual. Soal tutorial boleh juga tuh idenya. Nanti saya coba untuk bikin :-)

      Reply
  2. Andree

    Nambah satu lagi bang :d , boleh ya? kita beberapa waktu lalu baru aja bikin sistem akuntansi online gratisan, simple but powerfull. Asli bikinan anak bangsa. Untuk desktop, mobile dan android.. cek: pepeku.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>